Saturday, December 28, 2019

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Seiring perkembangan zaman perkembangan teknologi informasi dapan memudahkan manusia untuk beraktifitas melihat berita dan mencari berbagai informasi yang beredar di dunia maya.dengan kemajuannya teknologi ada dua dampak negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada social media banyak sekali beredar informasi informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas yang ada saat ini. Perlu kita ketahui juga bahwa dengan teknologi segala aktifitas bisa berjalan dengan mudah dan praktis sehingga membantu banyak untuk kegiatan kita kedepannya.

Dampak positif Perkembangan teknologi di kalangan saat ini dapat memudahkan mencari informasi dan memudahkan pekerjaan tergantung bagainama kita menggunakan teknologi yang dapat bermanfaat bagi kita dan orang lain. namun disatu sisi ada juga dampak negatifnya yaitu, Dampak negatif perkembangan teknologi di kalangan saat ini banyak remaja yang salah menggunakan teknologi ini yang hanya untuk kepentingan pribadi yang dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab atas apa yang mereka kerjakan. Melalui teknologi yang menggunakan jaringan internet ini dapat memudahkan kita bertransaksi dengan mudah dan cepat,serta dapat mendidik remaja untuk mengenali teknologi dengan baik,sehingga remaja tidak terjerumus perkembangan teknologi yang menjerumuskan mereka kearah yang negatif.

Agar kita tidak terjerumus kearah yang negatif tentang perkembangan teknologi saat ini,kita harus mempelajari apa itu teknologi supaya kita paham tentang teknologi dan cara menggunakan teknologi dengan baik,sehingga kita tidak salah menggunakan teknologi saat ini. Perlu adanya pengawasan yang menjadi hal sangat penting terutama bagi orang tua yang memberikan akses teknologi informasi ke anak anaknya untuk bisa mengawasi anaknya untuk batasan tertentu dalam mengakses luas teknologi informasi.

Apabila kita menggunakan teknologi dengan benar kita dapat melalukan pekerjaan, penjualan, dan lainnya, sehingga kita dapat menjadikan teknologi sebagai mata pencarian kita sehinnga kita akan mendapatkan uang dengan cara berjualan dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini. Kita harus menggunakan teknologi dengan baik dan benar sehinga kita juga bisa mendapatkan uang dengan menggunakan teknologi yang berkembang saat ini.

Jangan sampai teknologi informasi yang mempunyai segudang manfaat ini malah disalah gunakan untuk aktifitas tidak bertanggung jawab yang menyebabkan banyak dampak yang ditimbulkan terutama seperti informasi HOAX yang bisa memecah belahkan banyak pihak dan tentunya bisa merugikan banyak orang yang terkena banyak dampak terhadap hal ini.

Contoh Perkembangan Informasi dan Komunikasi

Komunikasi

Hewan

Hewan yang sudah terlatih bisa dijadikan perantara yang tepat misalnya burung merpati , anjing dan juga hewan lainya yang bisa menyampaikan apa yang hendak kita sampaikan kepada penerima pesan.

Surat

Menggunakan media kertas ataupun daun yang bisa menyampaikan tulisan yang kita buat secara khusus kepada seseorang , kelompok ataupun organisasi. Sampai saat ini Surat menyurat masih dilakukan meskipun tidak segencar dahulu kala

Telepon

Telepon adalah alat komunikasi yang paling efektif di jaman modern, meskipun berada di tempat yang sangat jauh informasi bisa mudah dicerna dan juga langsung tertuju tepat kepada sang penerima.

Faksimili

Faksimili merupakan mesin yang bisa langsung mengirimkan pesan dalam bentuk kertas dan sangat efektif digunakan di wilayah perkantoran dan juga organisasi.

Informasi
Kentongan

kentongan masih sampai saat ini masih bisa ditemukan dan masih digunakan di masyarakat. Fungsi utama alat ini adalah untuk mengumpulkan orang , biasanya digunakan pada ronda malam. ketukan pelan berarti anda harus tetap waspada dan bila seseorang mengetuknya kencang berarti ada sebuah bahaya datang.

Bedug

Dengan tabuhan Bedug yang berirama bisa menjadikan para pendengarnya akan faham apa pesan yang dimaksud . bisa untuk memanggil masa, mengingatkan waktu ibadah dan juga adanya sebuah pentas.

Media Massa

Image result for Media Massa

Informasi yang dihadirkan Media massa merupakan informasi yang bersifat umum dan memberikan kemudahan untuk bisa berbagai memberikan informasi penting

Televisi


Televisi merupakan sebuah alat yang sangat sempurna dalam memberikan informasi kepada penerima informasi yang secara umum karena berupa suara dan gambar yang nyata, namun tugas dari Tv adalah memberikan informasi bukan sebagai penerima artinya informasi berjalan satu arah.

PERKEMBANGAN TRANSPORTASI

Perkembangan transportasi dalam sejarah bergerak dengan sangat perlahan, berevolusi dengan terjadi perubahan sedikit-demi sedikit, yang sebenarnya diawali dengan perjalanan jarak jauh berjalan kaki pada zaman paleolithic. Sejarah manusia menunjukkan bahwa selain berjalan kaki juga dibantu dengan pemanfaatan hewan yang menyeret suatu muatan yang tidak bisa diangkat oleh manusia[1] dan penggunaan rakit di sungai. Beberapa rekaman mengenai transportasi terekam dalam relief yang dipahat di batu pada daerah Mesir Kuno dan daerah sekitarnya seperti ditunjukkan dalam gambar.


Perkembangan transportasi sebelum industrialisasi

Transportasi diawali dengan penemuan roda pada sekitar 3500 tahun sebelum masehi yang digunakan untuk mempermudah memindahkan suatu barang. Pada tabel[2][3] berikut ditunjukkan perkembangan didalam transportasi dari zaman ke zaman. Tetapi sebelumnya tentu ada pergerakan manusia ke Benua Australia yang diperkirakan terjadi 40.000 sampai 45.000 tahun yang lalu menggunakan suatu bentuk transportasi maritim.

Tahun
   
Temuan

3500 SM
   
Penemuan roda, sebagai cikal bakal transportasi modern

3500 SM
   
Kapal pertama sekali dikembangkan

2000 SM
   
Kuda digunakan oleh manusia untuk transportasi

770
   
Sepatu kuda digunakan untuk pertama sekali

1492
   
Leonardo Da Vinci membuat lebih dari 100 gambar rancangan pesawat terbang

1620
   

Cornelis Drebbel membuat kapal selam pertama

1662
   

Blaise Pascal menciptakan bus angkutan umum pertama yang ditarik kuda melayanai trayek tetap, berjadwal dan penerapan sistem tarif

1769
   
Mobil pertama yang digerakkan dengan mesin uap

1783
   
Kapal uap praktis pertama dikembangkan oleh Marquis Claude Francois de Jouffroy d'Abbans - yang menggunakan roda kayuh

1790
   
Sepeda pertama sekali ditemukan dan digunakan

Relief kuda yang digunakan antara 23 000 sampai dengan 12 000 tahun yang lalu pada peralatan yang digunakan masyarakat di Eropa

Dari gambaran diatas jelas terlihat dalam kehidupan manusia kuda[4] merupakan salah satu moda transportasi yang paling penting, dan penggunaannya masih tetap saja masih kita lihat dalam kehidupan modern kita. Kuda banyak tercatat dalam sejarah dalam bentuk tunggangan ataupun kereta kuda yang banyak ditemukan dalam relief-relif yang merupakan fakta sejarah.
Perkembangan Transportasi setelah zaman industrialisasi

Bens membuat kendaraan produksi pertama pada tahun 1885

Perkembangan transportasi setelah zaman industrialisasi berjalan dengan sangat cepat, inovasi berkembang sangat cepat demikian juga penggunaan transportasi berjalan dengan sangat cepat, dimulai dengan penerapan mesin uap untuk angkutan kereta api dan kapal laut, kemudian disusul dengan ditemukannya mesin dengan pembakaran dalam. Penemuan selanjutnya yang sangat mempengaruhi sistem transportasi adalah dengan dikembangkannya mesin turbin gas, yang kemudian menjadi turbo jet yang digunakan pada pesawat terbang. Di transportasi laut penemuan yang spectakuler adalah dengan pengembangan bahan bakar nulir, banyak digunakan untuk kapal selam. Pada Tabel berikut ditunjukkan perkembangan sistem transportasi[5][6].

Tahun
   
Temuan

1801 Lokomotif uap pertama yang ditemukan oleh Richard Trevithick yang kemudian disempurnakan oleh George Stephensen

1858 Jean Lenoir mengembangkan mobil pertama yang digerakkan dengan mesin dengan pembakaran dalam

1867 Sepedamotor pertama yang digerakkan dengan bahan bakar

1879 Werner von Siemens merancang dan mengembangkan kereta api listrik yang pertama

1885 Bens membuat kendaraan produksi pertama

1899 Ferdinan von Zeppelin menerbangkan pesawat balon udara pertama

1903 Orville and Wilbur Wright. pada tanggal 17 Desember 1903, Wright bersaudara membuat penerbangan pertama

1908 Henry Ford menerapkan sistem produksi ban berjalan untuk pembuatan mobil secara massal

1926 Roket berbahan bakar cair pertama diluncurkan

1932 Pemerintah Jerman membangun Autobahn/Jalan Bebas Hambatan pertama

1939 Pesawat terbang jet pertama Jerman diterbangkan atas dasar desain turbin yang dibuat Hans von Ohain ditahun 1936

1942 Helicopter yang didisain dan di produksi oleh Igor Sikorsky 

1947 Pesawat supersonik pertama dterbangkan 

1953 Kapal yang digerakkan dengan nuklir pertama diluncurkan

Permasalahan yang kemudian timbul dengan perkembangan transportasi diera industrialisasi adalah jumlah penggunaan energy yang luar biasa dimana hampir seluruh moda angkutan menggunakan energi fosil. Pembakaran energi fosil pada transportasi modern pada gilirannya akan mengeluarkan emisi gas buang dimana sebagian besar dari emisi gas buang tersebut berupa gas rumah kaca yang pada gilirannya mengakibatkan pemanasan global. Oleh karena itu belakangan ini diupayakan untuk mencari enerji alternatif yang tidak mencemari lingkungan, mengalihkan transportasi kepada transportasi yang ramah lingkungan.

Transportasi udara baru berkembang pada zaman industrialisasi dimana tercatat dalam sejarah Orville and Wilbur Wright pada tanggal 17 Desember 1903, berhasil membuat penerbangan pertama, perkembangan transportasi udara kemudian berkembang pesat, dan sekarang ini digunakan untuk transportasi jarak menengah dan panjang. Keunggulah utama transportasi udara adalah kecepatan tinggi, sehingga waktu bertransportasi menjadi lebih pendek, namun biaya dan penggunaan bahan bakarnya tinggi sehingga hanya feasible untuk penumpang dan barang dengan nilai tinggi ataupun dibutuhkan dalam waktu yang cepat.

Contoh Perkembangan Alat Transportasi

1.    Sepeda

Sepeda adalah alat transportasi bertenaga manusia, yang memiliki dua roda. Sepeda pertama kali diperkenalkan pada abad ke-18 di Eropa, Perancis tepatnya. Menurut kabar sejarah, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18 mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda. Sepeda merupakan alat transportasi utama di berbagai daerah. Selain untuk alat transportasi, sepeda juga menjadi bentuk rekreasi populer, dan telah diadaptasi untuk digunakan sebagai mainan anak-anak, kebugaran umum, aplikasi militer dan polisi, jasa kurir, dan balap sepeda.


Becak

Becak yang bersal dari bahasa Hokkien be chia yang berarti “kereta kuda” adalah suatu alat transportasi darat beroda tiga yang banyak ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian Asia. Kapasitas normal becak umumnya adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Becak ditemukan secara tidak sengaja, saat itu pada tahun 1869 seorang lelaki bersama seorang isitrinya yang berkebangsaan Amerika sedang berjalan-jalan ke Jepang untuk menikmati pemandangan kota Yokohama. Lelaki tersebut membuat alat yang bisa digunakan untuk satu orang penumpang yaitu istrinya yang cacat agar bisa berkeliling kota. Alat tersebut tidak ditarik kuda tetapi menggunakan tenaga manusia. Kemudian orang-orang Jepang melihat kendaraan tersebut dan menyebutnya jinrikisha.

Pada tahun 1800-an jinrikisha mulai dikenal masyarakat Cina yang digunakan sebagai kendaraan pribadi seorang bangsawan, mereka menyebutnya rickshaw sementara penghelanya disebut hiki. Pada tahun 1870 rickshaw dilarang beroperasi. Mula-mula pada tahun 1941 untuk pertama kalinya di kota-kota besar di Indonesia muncul becak. Berbeda dengan jinrikisha dan rickshaw yang menggunakan tenaga manusia, becak sudah lebih modern. Becak menggunakan roda yang berjumlah tiga dan dikemudikan dengan cara dikayuh menggunakan dua kaki.

Bajaj

Bajaj (Dilafalkan “ba-jai”) merupakan kendaraan bermotor yang mempunyai roda tiga buah dan banyak digunakan di Jakarta. Selain di Jakarta, bajaj banyak juga ditemukan di kota Banjarmasin dan Pekanbaru serta beberapa ibukota kabupaten di Indonesia yang umumnya digunakan sebagai alat transportasi umum. Bajaj diketahui berasal dari India. Nama bajajsendiri sebenarnya merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto. Kapasitas penumpang bajaj adalah dua orang, atau ditambah satu anak kecil, yang semuanya akan duduk di belakang sopir bajaj.

Sepeda Motor

Sepeda motor adalah alat transportasi darat beroda dua yang digerakkan oleh mesin. Posisi kedua roda sebaris lurus dan pada saat kecepatan tinggi sepeda motor berjalan tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada saat kecepatan rendah, kestabilan sepeda motor bergantung pada pengaturan setang oleh pengendaranya. Sepeda motor pertama di buat oleh ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler tahun 1885 ketika dia memasang sebuah mesin dengan pembakaran sempurna pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri.

Mobil

Mobil adalah alat transportasi darat yang digerakkan oleh tenaga mesin, beroda empat atau lebih (jumlahnya selalu genap), umumnya menggunakan bahan bakar minyak (bensin atau solar) untuk menghidupkan mesinnya. Mobil kependekan dari otomobil yang berasal dari bahasa Yunani ‘autos’ (sendiri) dan Latin ‘movĂ©re’ (bergerak).

Kereta Api

Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang didorong sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit. kereta api biasanya terdiri dari dua, tiga atau empat rel, dengan sejumlah monorel dan guideways maglev dalam campuran. Kata ‘train‘ berasal dari bahasa Perancis Tua trahiner, dari bahasa Latin trahere ‘tarik, menarik’.

Setelah James Watt menemukan mesin uap, Nicolas Cugnot membuat kendaraan beroda tiga berbahan bakar uap. Orang-orang menyebut kendaraan itu sebagai kuda besi. Kemudian Richard Trevithick membuat mesin lokomotif yang dirangkaikan dengan kereta dan memanfaatkannya pada pertunjukan di depan masyarakat umum. George Stephensonmenyempurnakan lokomotif yang memenangi perlombaan balap lokomotif dan digunakan di jalur Liverpool–Manchester. Waktu itu lokomotif uap yang digunakan berkonstruksi belalang. Penyempurnaan demi penyempurnaan dilakukan untuk mendapatkan lokomotif uap yang lebih efektif, berdaya besar, dan mampu menarik kereta lebih banyak.

No comments:

Post a Comment

Metode Pelaksanaan Bangunan

 LINGKUP PEKERJAAN Lingkup pekerjaan yang akan dilaksanakan yakni : I                PEKERJAAN PERSIAPAN II               PEKERJAAN TANAH DA...